Pandangan Mengenai Kriminologi

oleh:Arming, S.H
pengertiannya Kriminologi:
Secara etimologis krominologi berasaal dari kata-kata yunani “CRIME” a4tinya kejahataan dan LOGOS artinaya ilmu, jadio kriminoologi berarti ilmu tentang kejahatan. Nama kriminologi nerasala Dario ahli antropolgo perancis bernama P.Tapnaid. nama krrminologi pada dasarnya atas dua pengertian yaituh sempit dan luas mirip dengan pengertian yan diberiakn prf.noach. yaituh:
1. pengertian luas dari crime (kejahatan) dan logos( ilmu ): ilmu yang memepelajari tentang kejahatan
2. pengertian sempit: ilmu yang mempelajari tentang sebab kejahatan dan penangulangan
kebayakan menganut pengertian sempit, alsanya mengunakan pengertiqan luas, akan terjadi tumpang tindih dengan ilmu lain:, seperti:
1. etilogi criminal: ilmu tentang ssebab-sebab kejahtan
2. antreopologi criminal ilmu tentang manusia yang jahat
3. penologi ilmu tentang korban kejahatan
4. psikologi criminal: ilmu tantang kejahatan dipandan dari sudut ilmu jiwa
5. stastik criminal: ilmu tentang kejahatan di pandang dari data`
dari berbagai pendapat yang dikemukakan oleh berbagai sarjana, diperoleh beberapa kesamaan yaitu bahwa krimonologi adalah ilmu yang mempelajari kejahatan dan penjahat yaitu :
 bentuk penjelmaan
 sebab dan akibat
 penanggulangan
Hubungan kriminologi dengan hukum pidana adalah
kriminologi mempelajari kejahatan dari aspek bentuk, sebab dan penanggulangannya, itupun didapat setelah kejahatan itu terjadi. Dalam udsaha untuk mengungkap dan menerangkan kuasa kejahatan hartus diletakan pada bidan kajian kriminologi, dan bukan terjadi otoritas hokum pidana. Kapasitas hokum pidana yang terbatyas pada udsaha untuk mencari dan membuktikan adanya perbuatan (actus reus) dengan kesengajaan atau lalai (mens rea).
Selanjutnya jika dibandingkan kriminologi dengan hokum pidana diperoleh keterangan sebagai berikut.
Persamaannya : baik kriminologi maupun hokum pidana objeknya sama-sama kejahatan
Perbedaannya : - kriminologi Berisi dengan pengetahuan gejala social (kejahatan) yang ada dalam masyarakat
Lebih bersifat prefentif keilmuan
Mempengaruhi penyusunan Undang-Undang yang didasarkan pada teori dan realita masyarat
- Hukum pidana : berisi tentang norma perbuatan yang dilarang
Hubugan dengan ilmu lain, menurut Sutherland (principle of criminologi) : kriminologi mencakup 3 bagian pokok : (1) sosiologi hokum, gejala masyarakat yang menimbulkan hokum (2) etiologi criminal, sebab-sebab kejahatan (3) penology, penghukuman
Artinya menurut Sutherland, yang didukun pula oleh elliot (crime in modern ociety), bahwa ilmu-ilmu itu merupakan bagian dari kriminologi.
Manfaat mempelajari Kriminology :
1. secara praktis
a) Menurut ajaran cvausalitet, adanya suatu akibat pasti ada hal yang menyebabkannya. Sebab itu tidak hanya satu tapi merupakan rangkaian dari sebab-sebab yang menimbulkan suatru akibat.
Sejalan dengan pandan tersebut, Francois Bacon mengatakan bahwa untuk mengetahui sesuatu yang sebenarnya harus mengetahui sebab-sebabya.
Meminjam tesis Bacon, maka untuk dapat mengerti dan memahami suatu fenomena kejahatan, harus diungkap kausanya (penyebabnya).
Dalam teori abolisionistik disebut bahwa dalam upaya penanggulangan kejahatan (mencegah dan memberantas) yang paling utama adalah mecari factor penyebabya terlebih dahulu, baru factor- factor itu dihilangkan atau paling tidak dieliminir/dikurangi.
b) Sebagai bahan pertimbangan para aparat penegak hokum dalam menjalangkan fungsi dan tugas serta kewenangannya.
c) Sebagai masukan dalam upaya penyempurnaan hokum, terutama dalam upaya penyempurnaan hukun, terutama dalam upaya membentuk hokum yang digali dari nilai-nilai masyarakat.
2. Secara personal.
a. Menambah wawasan keilmuan khususnya mengenai kejahatan
b. Membentuk kepribadian yang luhur dan bijak, terutama dalam memandang dan menyikapi adanya suatu kejahatan, sehinga terhindar dari sikap apriori terhadap pelaku kejahatan
Metode pendekatan dalam mempelajari kriminologi :
1. Pendekatan deskriptif, yaitu memberikan gambarkan tewntang kejahatan pelakunya melalui pengamatan observasi dan pengumpulan fakta-fakta kejahatan dan pelakunya, seperti jenis-jenis kejahatan, frekuensinya, jenis kelamin, umur dan cirri-ciri lainnya. Secara sederhana, dalam pendekatan ini dapat digambarakan tentang kejahatan (jenis belakang, reaksi masayarakat dan lain-lain), serta korban.
2. pendekatan kasual tau etiologis, yaitu pendekatan dengan menguanakan metode interprestasi terhadap fakta-fakta yang diperoleh, guna factor penyebabnya . pendekatan kasual ini juga dapat berupa suatu interpretasi fakta yang dapat digunakan untuk mencari sebab dan musabab kejahatan baik secara umum maupun kasusu-kasus secara individual. Pendekatan sini disebut sebagai etilogi criminal
3. pendekatan normatif, yaitu melakukan atau telah pengkajian fakta-fakta yang ditemukan berdasarkan asapek hukumnaya. Apakah fakta-fakta itu merupakan suatu kejahtan atau tidak, sehingga diharapkan dengan kriminologi berperan dalam proses kriminalisasi dan de kriminalisasi dalam rangka pembaruahan dalam hokum pidana.
Sedangkan menurut mannhein( dalam soedjono dirdjosiworo, 1994:72 )metodwe ini dapat digunakan dalam mempelaajri atau penelitian criminal metode primer dan sekunder
1. metode primer yaituh:
1. stastik kriminologi: angkah-angkah yang menunjukan jumlah criminalitasa yang tercatat dalam suatu tempaty atau weaktu tertentu
2. tipologi; mempelajri kejahatan atau penjahat dengan cara melihat cirri-ciridan fenomena tersebut dan
3. studi kasusu yaitu mempelajari kejahatan dengan melalaui penyelididkan terhadap kasus-kasus dengan cara mendalam seperti tentang sejarah kejahatan (karier) dan sejarah kehidupan yang relevan dengan ini. Dapat dilakukan dengancara koesiner , wawancara, otobografi dan sebagainya/.
2 metode sekunder yaitu:
1. metode sosiologis: mempelajari komunitas lembaga daaerah yang dipandang relevan dengan kejahata
2. metode eksperimental: metode iini biasanya dipakai dalam ilmu alam (eksata) dan pisikologi. Di dalam kriminologi, metode ini terutam digunakan dalam untuk studi pemidanan dan etilogi criminal
3. metode prediksi: metode ini misalnya dim pakai untuk mermalkan perilaku anak pada masa depannya dan
4. metode operasional(action seargah)metode ini digunakan untuk usah-usah mencegah kejahatan dan pebaikan dalam perilaku kejahatan.
Kejahatan
Pengertian kejhatan;
Sosiologi: perbuatan melanggaran norma masyrakt
Yuridis : perbutan melanggaran norma hokum
Kriminologis: perbuatan melaggaran norma masyarakat dan hokum.
Munculnya pengertian krminiologi ini karena pada dasaranya adanaya kemungkinan suatu perbuatan dikatakan kejahatan secara yuridis tetapi bukan mealalui sosiologis seperti membunuh penjahat(eigenrichting), 504 KUHP bunuh diri, pelacuran dll. Tapi sebaliknya secara sosiologis tapi tidak secara yuriids seperti kumpul kebo.
Unsure-unsur kejahtan
1. mempnyai akibat-akibat atau kerugian nyata
2. akibat atau kerugian tersebut dilarang uu
3. perbuatan
4. men rea, maksud jahat
5. ada hubungan dengan perbuatan atau kejadaian mens rea
6. adanya hubungan perbuataan dengan kerugian
7. sanksi uu

jenis kejahatan
a) kejahtan terhadapa harata benda
b) kejahatan terhadap subyek hokum
c) ]kejahtan ketertiban umu
d) kejahatan kesusiklan
e) pelanggaran 359, alapaq kemataian. 360 alpa luka berat, 409 merusak fasilitas umum
f) kejahatan terhadap perempuan
g) kejahatan di bidang ekonomi
h) kejahatan di bidang polotik
i) pelanggaran baru(WCC,CC,OC.dll)
kejahatan dalam pembahasan ini termasuk pelnggaran, perbedaan dengan pelanggaran
1. adanya kareana dilarang uu
2. sanksi lebih ringan
3. ]kerugian yang dideritan kecil
4. diatur dalam buku III kuhp
5. percobaan pelanggaran tidak dipidana
data kejhatan tahun 2000 berdasarakan hasil penelitian menunujukan frekuensi kejahatan: curas: :4,5 menit penganiayan berat: 31 menit , pemerasan: 3 jam pemerkosaan: :3,5 jam penculikan :4,5 janm penculikan dan pembunuhan 4,5 jam.
Modus kejahatan
1. mengunakan alata ata seperti senjata atau tanpa senjata
2. ada kontak langsung antara pelaku atau tidak ada kontak, seperti penganiayan atau tanpa kontak seperti penipuan
3. mengunakan cara yang sudah dirumuskan dalam uu atau tidak
teori kausa/ sebab kejahatan


1.teori kalsik/primitf roh jahata/ kemauan bebas
berdasarakan perdata : ajaran ini menyebutkan bahwa perbuaatan jahat atas dasar pertimbangan suka duka (kehendak bebas).berdasarakan dalam lain menyebutkan bahawa dalam buku ini adalah ajaran roh jahat 30 sesudah masehi.:pengarauh setan
pandangan iii orang-orang primitf dizaman kuno dan pertengahan dengan tujuannya menghindara kehidupan bersama dengan orang berbahaya , misalnya sakit aneh atau mati tidak wajar, orang kuata atau sdakti banyak dibantu roh halus
roh halus suka membalas dendam
manusia pada haketatnya adalah baik
2. teori sosiologis/ekonomi
kejahtan disebabkan oleh determinasi ekonopmi atau terlilit ekonomi mengejara (tergiur) prisip ekonomitoko sentral dari mazhab sosialis : marrx dan angeles 1850determinisme ekonomi
plato : emas, manusia adalah sumber dari kejahatan
Negara terdapat banyak orang miskin, terdapata banyak penjahat, tukang copet, pemerkosan agama.
Aristoteles:
Makin tinggi pengharagaan manusia atas kekayanan, maka makin merosot pengharagan atas tata norma.
Kemiskinan dapatam mendorong kejahtan dan pemberontakan kejahatan besar tidak sekedar untuk hidup tapi kemewahan.
W.A.Bonger .melakukan pendidikan ke 8 negaara (1917):bahwa kesulitan cbeyktif (ekonomis) seperti penganguran merupakkan pemicu kejahtan
Thomas V an Aquino: kemiskianan amat berpengaruh terhadap kejahatan oaring kaya suka berfoya-foya kemudian jauh miskin, mudah mengadi jahata atau mencuri. Bahwa dalam keadaan memaksa (kemiskinan sangata tinngi) bol;eh otrqangh mencuri.
Montesque: sebab-sebab kejahatan karena kemisskinan.
Thomas more: banyak gelandangan pengangguran tanpa mata pencaharian menimbulkan kejhatan.
Von Mayaor: (subyektif nanharungserchwerung:penganguran). Turun naiknya harga gandum 0,5 penny 1 pencurian 100.000 penduduk, imigrasi dan upah buruh sejalan dengan naik tururnya kejahatan.
Turati (Italia): nafksunya memiliki harata dapat menyebabkan timbulnya kejahatan ekonomis, disamping kekurangan dan kesensaraan.
B.soendarsoono. mebuktikakn dalam buku: Andi Hamza: rendahnya gaji pegawai dibandingkan makin meningkatnya kebutuhan tiap hari adalah penyebabnya korupsi.
Achoorly: 50.00 dibanding 203 000 polisi permulaan tahun 1984
Harvey baraner: krisis ekonomu menimbulkan pengangguran, sejumlah pengangguran cendeerung bergabung diri dan merancang suatu kejahatan.
A. Quetelet: kejahatan dapt diatasi dengan perbaikan kehidupan manusia.
3. teori fisogomi/lambroso (Italian school 1876) antropoloiogi krminal
Lambroso dilahirakan dari keluaraga yahudi di venesia. Seorang dokter IKK melakukan penelitian terhadap tengkorak maniusia di pengaruhi ole pendapat ARISTELES: bahawa tentkorak tempat otak , otak sumberkecakapan, akal berpengaruh terhadap niat jahat.
 penjahat adalah orang yang memiliki bakt jahat
 bakt jaht karena keturunan(born Crime)
 biasanya di lihat dari cirri fisik: tengkorak besar, rahan bawah panjang, hidung pesek, asimetris, dahi kebelakan,g, making tua cepat botak kepalah tengah. Rambut janggut jarang, than sakit, alis tebal dan bertemu, rqmbut tumbuh hamper selluruh tubuh, gigi tidak seperti biasa. Kurang dari 3 bukan penjahat, 3-5 meraguakan, 5 lebih di pasatiiakn oaring itu cenderung memiliki perilaku criminal.
 perubahan fisik tidak berubah bakt jahat.
ERNEST kretschmer: mebagi dalam 3 golongan fisik:
 leptosome: kerus ceking, tertutup (distansi jaga jarak), pemalsu
 piknis : sedang ramah, penipuan dan pencurian
 atletis, tinggi besar, tulang urat kuat, dada lebar,dagu kuat menonjol, sedang, kejahatan kekersan seks.
Positif dan negative teoritersebut:
(+) pertimbangan hakim: RHA soenario; membuat pertimbangan hakim
(-) aparat terlalu aprori (melaggara asas presemption of innocent
Ada korelasi usisa dan kejahatan
GUERY: jenis kelamin usia berhubungan erat dengan kriminalitas.
NIco muller berdasarqakan hasil penelitian eropa:
- 21 pencurian sederhana umunya TPHB
- 21-30 mulai sifatnya meyerang, penganiayan, perampokan dan penentangan
- 30-50 pengelapan
- 50 ketasa penghinan, kesuislan (homoseks)
Ada korelasi usia jenis kelamin dengan kejahatan
NOACH:
- kriminalitaas wanita lebih besar dar PN
- lingkungan waniota menghindar dari kejkahatan
- waktu terbatas(haid dan melahirkan tugas RT)
- sifat juga: beda dengan pria tidak mudah bosan, seks 45-50
ditemntang oleh
BENEDICTH: bahwa bukan sifatnya tapi lingkungan sekitarnya
Bukan berdasarkan penelitian ilmiah tapi perkiraan
Ch Goring : penelitian di universitas cambirge dan 0xford: ternyata banyak yang baik, lingkungan yang dominan, ayah yang mencuri ditutup supaya tidak ditiru(ayah dLP) sejak kecil lebihy potensi jahat
Sutherland : kekeliruan dalam mengambil sampel, kurangnya sample non criminal Mazahab Indonesia: soejono dirjosisworo dan simantjuntak “doktrin krmiinil” tidak mengenal penyebab tungal multi teori, yang domiananteori lingkungan . Indonesia menolak teori cirri fisik.

4. Teori mental tester
Godarad: kelmahan otak (yang diturungkan orang tua menyebabkan orang tersebut tingkah lakunya berakibat dan dilarang)
Godarad: usia 12 tahunIQ 100 normal, 75 dibawah lemah ingatan 70% napi lemah ingatan
5. pisiki Freud / psikologi krijminal / psikogenik.
Doktern dari perancis JC.De. la Mettrie: kejahtan banyak di penagaruhi aspek kejiwaan pelaku yaitu : fungsi-fungsi pisikis yang bersuber pada otak.
Sigmaun Freud: kejahatan karena pengaruh “alam dibawah sadar” Oedipus complex
Pasal 44 kuhp bahwa tidak melakuakan TP jika dia gila / tergangu mentalnya.
Edwads wells : self theories: proses aktualisasi diri: seorang yang cenderung ekpresif dalam menoonjol diri, jia tak tersalurkan memilki kejahatan sebagai altenatif.
Leonard berkowits: frustration aggression theorie : orang frusatasi muncul agressifitas yang tinggi.
Is soesanto:
1. Traumatic psikosis: karena trauma fisik/ geger otak, mudah gugup, emosi, kekerasan.
2. enchepalitislethargica: anak-anak suka melanggar
3. senile dementia: pengaruh usia mudah tersingun terutama pada anak kecil.
4. puerperal insanity: cemas pada wanita (status, ekonomi, mitos, medis)
5. psiskis alholis:
 + normal: kadang-kadang
 + phatlogis: tidak stabil, sedikit saja garang.
 + kronis: halusinasi
6. phobia: ketakuatan yang berlebihan (Nycopiha / gelap aero phobia/ tinggi, Gynophia/ waqnita, ocopobiha / oaring banyak, monopobiha / sendiri.).
7. obsesional ( compulase neuroses ): kegagalan cita-citaz
8. psikopat : jiwa tega, kejam, pembunuh
9. deviasi seksual: transfomatoris, lesbianism, sadisme/masokisme dll
10. delirum: cara berpikir kacau dan tidak kecakapan( bias akibat deman tinggi ).
11. delusi ( waham): halusianasi: kaeaykianan tidak sesuai kenyataan( suara)
12. ilusi: interprestasi dari eksternal tali dikira ular
13. dorongan inmpuls: motivasi yang tinggi untuk berbuat sesuatu kleptominai :mencuri
Piromania: membakar
Dipomi: minum alchol
Melangkolia: depresi yang tinggi
14. paranoid: diaqtas 30 tahun: tegan dan cemas yang tinggi, akhirnya menyerang orang yang yang lain.
6. teori sosiologis/ lingkungan/ diferrention association
Muncul di perancis abad 19.
Reaksi terhadap ajaran lambroso. Bahwa kejahatan disebabkan pengaruh sekitar lingkungan.
Lingkungan yang dimaksud:
1.lingkungan pemberi kesempatan
2.lingkungan pergaulan pemberi contoh.
Alberth Bandura: social learnin theorie : perilaku manusia agresif lebih merupakan hasil dari proses belajar.
Gustave Leo Bon : orang yang bergabung massa banyak maka kepribadian menjadi pribadi massa
Robert owen : lingkungan yang jelek membuat manusia yang jahat, lingkungan yang baik membuat manusia baik.trade : “ if steel a man murder he is merely imitatin someone else” kejahatan yang dilkkukan oleh seseorang adalah hasil peniru terhadap perbuartan kejahatan yang ada dalam masyarakat dan ini terus berlangsung.
“de welt is mehrt schuld an mir, al ic: dunia lebih bertangunjawab terhadap bagaimana saya, dari pada saya sendiri.
Jhon : pemudah yang dekat dengan delinkuen lebih unttuk melibatakan diri dengan kriminalitas dari pada pemudah yang tidak punya teman pergaulan dengan delinkuen.
Lassagne: penyebab kejahatan adalah keadaan social yang disekililing manusia 1980 ( ingat daud yusuf hentikan mana suka sirana niaga ).
Mannheim.
1.perbedaan kelas social: kelas bawah mudah tersingun Robert K Merton. Berpendapat sama :struktur masyarakat berkelas-kelas perbedaan mendapat kesempatan dalam mencapai tujuan.misalnya lower klass mempunayi kesempatan lebih kecil dari pada upper calas sehingga menimbulakan kecemburuan social.
2.Ekologi ( kepadatan penadatan, mobilitas penduduk, urbanisasi) pendapat serupa dengan Ferry Von List : hawa panas suatu musim panas ikut mempengaruhi angka kejahatan. Oang eropa umunya cepat marah dan mudah naik pitam pada musim panas,
a.kepadatan penduduk semakin padat maka meningkat perselisihan
b.mobiltas penduduk : arus tranportasi yang semakin mudah memicu munculnya pergesekan.
c.urbanisasi: dengan tujuan mata pencaharian tidak capai, berpeluan melakukan kejahatan.
Di idukun oleh pendapat Walter A. Luden : cirri Negara yang berkembang terdapat pembangunan yang sering menimbulkan konflik antara norma adat pedesaan tradisional dan norma-norma baru yang tumbuh daalam proses dan pergeseran social. Konflik itu menyimpan potensi criminal.
3.T. selling : konflik aturan, keinginan untuk menguasai, hidup bersama
4. diferrential asiciation.
Pergaulan sering disebut sebagagi factor yang menimbulkan kejahatan.
Proposisi teoeri sthurlang:
1. perilaku jahat adalah perilku yang di pelajri berarti menolak karena keturuanan (bakat)
2.dipelajari melalui interaksi denagn orang lain melalui komunikasih
3.komunikasi dimaksud adalah intim
4.yang dipelajari adalah motif / alsaan dan modus operandi
5.arah dari motif / alasan dipelajari melalui atauran hokum apa menguntungkan atau tidak
lingkungan
1. keluarga.
Broken home
Ninik widjanti :40% nakal mayoritas anak gadis dari pada laki-laki.
Peribahasa suku. “ amaxosa “ jikla burun induk mati maka telur-telur akan membusuk.
Kemal darmawan : pengabaian anak adalah factor penyebab kejahatan pada umumnya, bukan hanya penyebab kenakalan anak.
1.jumlah keluarga besar
2.kedudukan anak
3.salah satu jahat
4.perbedaan SARA
Teori kontrol : made sadi astuti: perilaku penyimpangan disebabkan karena kurang control baik dari orang tua atau masyarakat. Anak tidak memmiliki rasa hormat atau sosok panutan lagi.
2. sekolah
1.1/3 dari masa hidup
2.Bonger: kejahatan diawali kenakalan anak dan remaja
3.kelompok.
a. insidentil
b. massa
Prinsip dalam dunia psikologi adalah seseorang berada ditengah-tengah kerumunan orang, potensi merubah kepribadian orang menjadi kepribadian orang banyak
c. Gen (terorganisir)
kelompok ini memiliki cirri-ciri antara memiliki kepimpinan, pengkaderan, jaringan luas, aturan main organisasi, sebagai mata pencharian.
d. koorporasi (white collar crime)
7. teori labeling? Stigma/ cap jahat
Edwin M Lamert : ada hubungan antara proses stigmatis dengan kehidupan pelaku kejahatan. Diberu cap sebagai orang yang jahat secara emosional berpengaruh terhadap konsepsi diri individu dan penampilan perannya.
Meskipun menurut Netller : labeling menagandung keuntungan yaitu membantu kriminalisasi sebagai reaksu mahasiswa sehingga menajadi upayah preventif dalamteori iini lahir setelah tahun 1960-an seiring dengan perkembanbangan criminal yang pesat, terutama di pengaruhi oleh keadaan perkembangan social ekonomi di AS yakni dengan adanaya:
1.gerakan-gerakan tuntutan hak-hak demokrasi dari organ-organ kulit hitam
2.wqanita
3.mahsiswa yang menghendaki kehidupan kampus yang demokrasi dan wamil ke Vietnam
Tuntutan itu merembet kepada kehidupan kalangan ilmuwan yang yang juga menuntut perlunya pengujian terhadap teori-teori keilmuwan.

16 Response to "Pandangan Mengenai Kriminologi"

  1. Unknown says:

    good article

    Unknown says:

    MASTER TOGEL !!!! DAN PENGGILA TOGEL
    SAYA SALAH SATU PENGGEMAR ANGKA TOGEL DI INDONESIA,SURAT RUMAH ,SURAT TANAH,BAHKAN EMAS ISTRI,SUDAH SEMUA KAMI JUAL,ITU SEMUA KARNA JUDI TOGEL,TAPI ALHAMDULILLAH,BERKAT TETANGGA YG TELAH MEMBERIKAN INFO PADA SAYA,UNTUK MENGHUBUNGI MBAH WIJAN,GUNA MEMINTA BANTUANNYA,GUNA MEMBERIKAN ANGKA TOGEL YG JITU,KINI SAYA MENANG,DAN BISA MENGEMBALIKAN SEMUA YG SAYA SUDAH GADAIKAN,UNTUK ITU SAYA SARANKAN,JIKA ANDA INGIN EPERTI SAYA,SEGERA HUB ; MBAH WIJAN DI 0823;'1184;'3445 ATAU KLIK http://singapore4dpastijebol.blogspot.com,SIAPA TAHU ANDA AKAN MENJADI PEMENANG BERIKUTNYA. TERIMA KASIH .

    Unknown says:

    Yuk bergabung bersama kami di togel online terbaik dan terpecaya
    Dan coba keberuntugan anda di sini...
    kami menyediakan permainan....
    TOGEL
    DD48 RED BLUE LIVE
    info lebih jelas silakan kunjugi CS kami.....
    Telp : +85581569708
    BBM : D8E23B5C
    Line : togelpelangi
    Skype : Togel Pelangi
    Live Chat : http://www.togelpelangi.com/

    Unknown says:

    artikel yg mudah dipahami
    sangat membantu kuliah saya
    terimakasih dan semoga bermanfaat

    Permainan judi togel adalah permainan merakyat yang sangat populer di Indonesia. Dulu orang bermain togel secara langsung dengan memberi nomer pada bandar. Togel merupakan permainan judi yang terlarang di Indonesia dan illegal. Maka banyak pemain judi togel zaman dahulu yang bermain togel secara sembunyi sembunyi karena takut tertangkap aparat penegak hukum dan masuk penjara.
    Seiring dengan perkembangan teknologi, permainan judi togel pun semakin berkembang. Sekarang ini para pemain judi bisa bermain judi togel secara online di beberapa situs judi online. Dengan bermain judi secara online, pemain judi tidak perlu takut akan tertangkap oleh penegak hukum karena judi secara online sangat sulit dilacak dan kerahasiaan data pemain juga dijamin oleh agen situs judi online.
    Permainan togel online banyak jenisnya seperti 2D, 3D, 4D, colok bebas, shio dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk dapat memenangkan permainan judi online anda harus memahami cara bermain togel dengan benar sehingga akan memudahkan anda dalam memperoleh kemenangan. Bermain togel secara online selain lebih aman, main togel online juga menguntungkan loh. Karena total kemenangan yang diperoleh lebih besar, pemain yang ikut bermain pun juga banyak sehingga jackpot dapat mencapai ratusan juta rupiah atau lebih.
    Ada banyak cara untuk memprediksi angka togel yang akan keluar, dengan data data yang ada maka angka togel bisa diprediksi. Data data angka togel dapat dipergunakan untuk menemukan dan menentukan AK (Angka Kontrol) AM (Angka Main) AI (Angka Ikut) untuk Togel 2d, Togel 3d, Togel 4d 6d (Angka Control/Kontrol) menentukan Angka CB (Colok Bebas), Colok Macau, Toto Mako, Colok Macao (CM) – Colok Naga (CN Togel) yang keseluruhannya. Berdasarkan analisis dan perhitungan secara keseluruhan mengenai data data angka togel yang keluar sebelumnya maka diperoleh hasil prediksi togel jitu terbaik. prediksi togel jitu terbaik 100% tembus angka togel yang keluar. Anda harus memperhitungkan dan memperhitungkan lagi kemungkinan angka keluar. Faktor keberuntungan juga sangat berpengaruh penting dalam menentukan kalah menangnya anda dalam bermain togel. Anda bisa bermain togel di beberapa pasaran togel yang ada di indonesia seperti pasaran togel singapore. Pasaran togel singapore banyak dimainkan oleh para pecinta judi di indonesia.Dan Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Agus Darma Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 500.000 Paket 3D Sebesar Rp. 700.000 Paket 4D Sebesar Rp. 1.000.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0823-8738-4409 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0823-8738-4409

    EsiaPoker says:

    Haloo, Kami Dari SenyumQQ ingin mengajak kalian para pecinta poker online indonesia.
    Sebagai server yang terbaik, tercepat dan terpercaya SenyumQQ berhasil menduduki penghargaan 5 situs terbesar di indonesia.
    Dengan tampilan awal yang menarik juga mendukung situs kami ramai di kunjungi oleh sebagian besar Indonesia.
    Dengan penawaran yang kami ajukan paling terbaik di antara situs judi online di seluruh indonesia

    • BONUS DOUBLE CASHBACK •

    Bonus double cashback yang kami berikan adalah tujuan kami untuk membuat para pemain yang bermain di SenyumQQ, karena para player tidak perlu menunggu pembagian Turnover 1x dalam 1 minggu, hanya di SenyumQQ kalian bisa merasakan pembagian Turnover 2x dalam 1 minggu, dengan pembagian 0.5% di setiap hari rabu & sabtu.

    • BONUS REFERRAL •

    Bonus referral yang di bagikan sebesar 20%, yang di bagikan secara otomatis tanpa syarat dan ketentuan.
    Bonus referral yang kami berikan dengan persenan terbesar di indonesia mampu mengangkat para pemain untuk mengajak teman teman nya bermain di SenyumQQ, semakin banyak teman yang di ajak bermain di situs kami, semakin banyak juga Bonus yang di dapatkan :)

    SENYUMQQ.COM AGEN JUDI BANDAR KIU ONLINE INDONESIA TERBAIK DAN TERPERCAYA
    WWW.SENYUMQQ.COM
    Keuntungan yang di dapatkan bermain di SenyumQQ :
    - Minimal Depo & Wd hanya Rp.15.000,-
    - Didukung 5 Bank Besar Indonesia (BNI BRI BCA DANAMON & MANDIRI)
    - Bonus Referral 20% Seumur Hidup!!
    - Pelayanan dari CS Ramah & Profesional 24jam/7hari
    SenyumQQ juga menyediakan 6 Game Seperti :
    - Poker
    - DominoQQ
    - Capsa Susun
    - Adu Q
    - Bandar Q
    - Bandar Poker
    - Sakong (New)
    - Bandar66 (New Game)
    Dengan Pelayanan Dari CS ( Customer Service ) Yang Ramah, dan Professional 24 Jam Nonstop Melayani Anda :)
    Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi LiveChat kami Atau
    CONTACT :
    BB : D1CD3A22
    Tel / Sms / Whatsapp : +855.155.90751

    OKTA MIRA says:

    Nama saya adalah Okta Mira Anda dipersilakan untuk CREDIT UNION DAYA LESTARI tempat di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengubah defisit keuangan menjadi individu yang kaya dengan bantuan staf berkualifikasi tinggi melalui staf yang bertekad dan memiliki sumber daya keuangan yang baik tempat berselingkuh atau merampok Orang-orang dari uang mereka adalah tabu tempat di mana Anda dilengkapi secara finansial untuk mengatasi kekurangan keuangan saya telah mengulurnya itulah sebabnya saya datang ke sini untuk memberi tahu Anda bahwa tidak semua kreditur online adalah penipuan atau penipuan karena prioritas utama CREDIT UNION DAYA LESTARI adalah untuk menyediakan dana dalam mata uang apa pun untuk semua klien mereka sehingga mereka akan dapat memenuhi kebutuhan keuangan mereka setiap hari jadi jangan biarkan saya ditinggalkan Anda membutuhkan dana untuk:
    ✓ Tagihan Rumah Sakit
    ✓ Renovasi Rumah
    ✓ Pembesaran Bisnis
    ✓ Refinancing Ekstensi Pertanian
    ✓ Penambangan Emas
    ✓ Proyek pembiayaan dengan kebutuhan keuangan yang lebih tinggi
      Semua ini dan banyak lagi
    Gmail: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
             ➡ {WhatsApp Only :: {+ 33753893351}
            ➡  BBM INVITES: {D8980E0B} {4424A}
    ➡{https://www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}

    BOLAVITA Merupakan Situs Game Bola Online, Live Casino Dan TOGEL ONLINE TERPERCAYA Dan TERLAMA Di INDONESIA.

    Permainan Yang Kami Sediakan:

    * SPORTSBOOK
    * LIVE CASINO
    * TOGEL
    * SLOT GAME
    * LIVE NUMBER
    * SICBO
    * DRAGON TIGER
    * BACCARAT
    * ROULETTE
    * POKER
    * SABUNG AYAM
    * BOLA TANGKAS
    * DLL

    Tentu Kami Menyediakan Promo Yang Menarik Untuk Anda Yang Bergabung Di Tempat Kita.

    * BONUS REFERRAL SEUMUR HIDUP
    * BONUS DEPOSIT SETIAP HARI
    * BONUS SPORTSBOOK 10%
    * CASHBACK SPORTSBOOK HINGGA 7%
    * CASHBACK GAMES 10%
    * BONUS TURN OVER ROLLINGAN CASINO 0,7%

    Untuk Info Yang Lebih Jelas Nya Silahkan Langsung Hubungi CS Kita Yang Online 24 Jam.

    Boss Juga Bisa Kirim Via :
    Wechat : Bolavita
    WA : +6281377055002
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    awdawd says:

    BOLAVITA AGEN BOLA TERPERCAYA
    Profile BOLAVITA :
    BOLAVITA Sudah berdiri sejak Maret 2013 sampai sekarang.
    BOLAVITA Master Agent dari Betting Online yang telah terpercaya. Proses layanan yang cepat, ramah, dan dapat selalu diandalkan adalah Visi kami.
    BOLAVITA melayani pembukaan user-ID atau member dari website-website betting online terbesar di dunia saat ini seperti SBOBET, IBCBET, WM55, Klik4D dan 338A(Casino SBOBET).

    SBOBET & IBCBET
    Minimal Bet HDP / OU Sportbook : 25.000 ( 25 )
    Minimal Mixparlay, 1x2, Corect Score Sportbook : 13.000 ( 13 )

    388A SBOBET CASINO & WM55CASINO
    Minimal Bet : Low , Medium & High
    Low : 5 - 1.000
    Medium : 100 - 5.000
    High : 500 - 30.000

    KLIK4D ( TOGEL )
    4D = 65%
    3D = 59%
    2D = 29%
    Minimal Bet : 1.000 ( 1 )

    PROMO :
    New Member Bonus10% Sportbook
    New Bonus Deposit 5%
    Bonus Cashback 5% sampai 10% Sportsbook
    Bonus Rollingan Casino 0.7%
    New Cashback Sabung Ayam 10%
    Mari bergabung bersama kami di BOLAVITA
    Untuk Informasi Selanjutnya silahkan menghubungi CS 24 jam kami

    Livechat : Tersedia di website kami di www.BOLAVITA.site
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    Proses Depo/WD Cepat, Aman, dan Terpecaya !!​

    Anonim says:

    Selamat pagi para member setia AGENS128, oke gengs kali ini kami akan memberikan kepada kalian BONUS TERBARU yang akan kami berikan kepada kalian semua, jadi untuk kalian semua yang yang ingin mencoba bonus yang kami berikan ini kalian bisa mendaftarkan diri kalian sekarang juga bersama kami dan dapatkan bonus yang kami berikan kepada kalian sekarang juga.

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:

    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga :) :D

    Unknown says:

    Selamat pagi para member setia AGENS128, oke gengs kali ini kami akan memberikan kepada kalian promo menarik yang kami miliki yaitu PROMO REFFERAL SEBESAR 5% + 2% yang akan kami berikan kepada kalian semua yang mengajak teman anda bermain bersama di agen kami, jadi untuk kalian yang mau mencoba promo menarik ini kalian bisa menghubungi kami sekarang juga dan menangkan puluhan bahkan ratusan juta rupiah hanya bersama kami AGENS128 sebagai agen terpercaya se-Indonesia .

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo tunggu apalagi !!

    KABAR BAIK!!!

    Nama saya Rahim Teimuri Kemala dari Surabaya di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Italia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan daring lainnya dan nama perusahaannya adalah PERUSAHAAN PINJAMAN GLOBAL. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman seperti itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Alma bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, Dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terkejut. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 1% tanpa jaminan.

    Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melompat di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan Dia tidak tahu tentang perusahaan mode.

    Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi
    Nyonya Alma melalui email: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com)

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (rahimteimuri97@gmail.com). Ini adalah ibu yang baik Nyonya Alma WhatsApp Nomor +14052595662

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami kehidupan yang panjang dan makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663
    Telephone..Number:[+60]1123759663
    email:::::::hafizulbin365@gmail.com
    Name::::Hafizul Bin Haziq
    Country:::Malaysia
    [[[[di atas adalah data peribadi saya]]]]]
    Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785.000.00 yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440.000.00 telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"
    [[[[Berikut adalah data peribadi saya]]]]
    Country::::::Malaysia
    Name::::::::Hafizul Bin Haziq
    email::hafizulbin365@gmail.com
    Telephone Number:[+60]1123759663
    WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    ibu pitri says:

    Amalan Pesugihan Putih Cepat Kaya Raya 30 Menit Masuk Di Rekening
    22 February 2018Tak Berkategori
    SELAMAT DATANG DI BLOG AKI KUSUMO
    Dukun togel

    Assalamu’alikum, Wr Wb
    AKI KUSUMO HANYA AKAN MENOLONG ANDA YANG BENAR- BENAR SIAP MENTAL, NYALI DAN BIAYA..TANPA RASA SALING PERCAYA, KERJASAMA & PROFESIONALISME MAKA JALAN MENUJU SUKSES MENUJU KE GERBANG KEKAYAAN AKAN SEMAKIN SULIT.

    KUNCINYA
    Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa SUKSES……!
    Apakah anda termasuk dalam kategori yang kami cantum di bawah ini ?

    1.) Di Lilit Hutang

    2.) usaha bangkrut
    3.) Barang berharga Anda sudah Habis dan usaha tidak lancar
    4.) Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat,Jangan Anda Putus Asa,anda sudah berada Di blog yang sangat tepat..Kami akan membantu anda semua dengan kemampuan dan keahlian yang kami miliki untuk membantu dan mewujudkan impian anda…!
    ANDA SUDAH KEMANA-MANA TAPI TIDAK MENGHASILKAN SOLUSI YANG TEPAT,ANDA JANGAN PUTUS ASA,ANDA SUDAH BERADA DI WEBSITE/BLOG YANG SANGAT TEPAT…RESMI AMAN DAN TERPERCAYA YANG SUDAH TERBUKTI KEBENARANNYA,SALAM SUKSES!!!
    o.jpg
    ANDA BISA HUBUNGI AKI KUSUMO NOMOR SAYA DI BAWAH INI
    :0852-3617-3567


    SYARAT DAN KETENTUAN

    Siapkan nomor rekening anda jika belum punya segera buka rekening atas nama anda
    Biaya kami tentukan sesuai paket dan pecahan yang anda pilih
    Harus punya Utang diatas 50 hingga 100juta dan butuh modal usaha
    Kami hanya membantu bagi yang serius
    Siap menjalankan aturan kami
    Proses ritual 1 hari
    Kirim No Rekening anda
    Nama lengkap anda
    Setelah dana cair langsung kami setor tunai maksimal 2 hari sesudah ritual

    1.Cara daftar :
    Nama#Alamat#Umur#Weton (hari dan pasaran)#Pesugihan terima Jadi#Paket Biaya Cara daftar :

    AKI KUSUMO Kirim Ke : 0852-3617-3567

    JENIS PAKET PESUGIHAN

    Tingkat 1 = Untuk Hasil 500 Juta, Mahar Ikhlas Rp.1,000,000

    Tingkat 2 = Untuk Hasil 1 Milyar, Mahar Ikhlas Rp.2,000,000

    Tingkat 3 = Untuk Hasil 2 Milyar, Mahar Ikhlas Rp.3,500,000

    Tingkat 4 = Untuk Hasil 3 Milyar, Mahar Ikhlas Rp.4,500,000

    Tingkat 5 = Untuk Hasil 4 Milyar, Mahar Ikhlas Rp.5,500,000

    Tingkat 6 = Untuk Hasil 5 Milyar, Mahar Ikhlas Rp.8,000,000

    Tingkat Keramat ( Khodam Jin Kaya Raya ) = Rp.10,500,000

    Pesugihan Ini Dibutuhkan Tekat, Niat Dan Kesabaran
    Apabila Gagal Maka Biaya Akan Kami Kembalikan 3 Kali Lipat
    Apabila Kami Telat Dalam Mentransfer Dana Maka Uang Hasil Akan Kami Tambah5% Jarak Jauh Bukanlah Penghalan Keberhasilan Anda.
    Segera Hubungi AKI KUSUMO .Pasti Anda Akan Dibantu Dengan Bantuan Uang Gaib Dengan Cara Puasa & Dijamin 100% Cair. Dan Uang Bisa Langsung Di Pakai Hari Ini Juga.

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme